November 23, 2012

Gateball ?!

Gateball adalah olahraga yang menggunakan pemukul (stick), dimainkan oleh 2 (dua) tim yang saling berhadapan.Setiap tim terdiri dari 5 pemain, dengan 5 bola. Tim pertama dengan bola berwarna merah, masing-masing bola diberi nomor ganjil 1, 3, 5, 7, dan 9 sedangkan tim kedua dengan bola berwarna putih bernomor genap 2, 4, 6, dan 10, setiap pemain masing-masing membawa 1 bola yang telah ditentukan.

Gateball dimainkan dilapangan terbuka, tidak ada rintangan (sampah batu, dll), datar berbentuk persegi panjang, dengan ukuran 15 x 20 m atau 20 x 25 m (umum digunakan 15 x 20 m)
Alat-alat yang dipergunakan dalam Gateball adalah:


  • 10 bola, ukuran diameter 7,5 cm, asli terbuat dari "syntetic resin

  • Stick, berbentuk seperti palu, ukuran stick (Head) panjang 18 - 24 cm, diameter 3,5 - 5 cm

  • 3 buah gawang ukuran lebar 22 cm dan tinggi 20 cm. Ukuran tiang gawang diameter 1 cm

  • 1 buah pin. Ukuran 20 cm dengan diameter 2 cm
Cara Bermain Gateball
Pemukulan dilakukan bergantian berdasarkan nomor urut. Setiap bola harus melalui 3 gawang dari arah depan secara berurutan, dan terakhir mengenai pin yang berada ditengah lapangan, dengan nilai 1 setiap lewat gawang dan nilai 2 mengenai pin, sehingga setiap pemain maksimum dapat mencapai nilai 5. Atau setiap tim dapat mencapai nilai 25.

Waktu Gateball
Permainan paling lama 30 menit atau dinyatakan selesai sebelum 30 menit apabila salah satu tim telah mendapat nilai sempurna 25 poin (5 x 5 poin).

Touch & Sparking
Dalam permainan setiap pemain harus saling membantu sesama kawan dan berusaha menghambat tim lawan dengan cara bola kawan/lawan dikenai (Touch), kemudian bola yang terkena digulirkan ke arah yang menguntungkan bagi tim. Pengguliran bola adalah merupakan dampak pemukulan bola sendiri yang diinjak dengan kaki, dan bola yang terkena ditempelkan pada bola sendiri sebelum dipukul (Sparking).


Taktik & Strategi Gateball
Olahraga ini lebih menekankan pada kerjasama tim, mengenyampingkan kepentingan individu, penggunaan taktik dan strategi ditunjang dengan keterampilan menggunakan stick akan sangat menentukan dalam meraih kemenangan.

2 komentar: